LAPORAN PRAKTIKUM PLC 2

CX-PROGRAMMER DAN CX-DESIGNER

TUJUAN PRAKTIKUM

  • Memahami CX-Programmer dan CX-Designer
  • Memahami cara mengintegrasikan CX-Designer dan CX-Programmer
  • Memahami cara mengintegrasikan CX-Programmer, CX-Designer, dan PLC

DASAR TEORI

PLC merupakan sebuah alat untuk mengendalikan suatu kontroller yang digunakan untuk mengendalikan suatu sistem yang lumayan besar. perbedaan antara mikrokontroller dengan PLC adalah dalam hal jumlah daya yang dikeluarkan, kecepatan pemrosesan data, dan kemampuan untuk mengatur sebuah sistem yang dikendalikan. Untuk dapat membuat PLC mengerjakan fungsi yang diinginkan maka PLC perlu diberi perintah terlebih dahulu.

Untuk memberikan perintah ke PLC, kita tidak bisa melakukan hal yang sama seperti memberikan perintah ke mikrokontroller. Jika dalam mikrokontroller kita memberikan perintah dengan cara memasukan (mengupload) data dalam bentuk suatu kode pemrograman dalam bahasa pemrograman tertentu, maka PLC memiliki cara yang berbeda untuk memberikan atau memasukan perintah ke PLC. PLC akan melakukan suatu fungsi yang diinginkan jika kita memasukan perintah berupa ladder diagram. Ladder diagram merupakan suatu bentuk pemrograman untuk PLC yang berisi tentang perintah yang harus dijalankan PLC. Untuk dapat memasukan Ladder diagram ke PLC maka perlu adanya perantara yang dapat mengubah data dari ladder diagram untuk dimasukkan ke memori PLC untuk dijalankan. Aplikasi yang dapat menjadi perantara tersebut adalah CX-Programmer.

CX-Programmer merupakan suatu aplikasi untuk membuat ladder diagram dan juga memuat fungsi-fungsi lainnya yang berkaitan tentang PLC seperti menghubungkan PLC dengan komputer, simulasi ladder diagram, dan dapat membuat ladder diagram yang nantinya diupload ke PLC. Agar fungsi dari ladder diagram itu bisa dikendalikan maka perlu suatu interface yang dapat digunakan untuk mengendalikan fungsi dari ladder diagram yang telah dibuat. Untuk itu diperlukanlah CX-Designer.

CX-Designer adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat interface yang terhubung dengan CX-Programmer untuk dapat mengendalikan fungsi yang terdapat dalam ladder diagram yang telah dibuat. Selain itu CX-Designer juga dapat mensimulasi hasil yang telah dibuat dan terhubung dengan CX-Programmer sebagai sumber data yang terkait fungsi dalam ladder diagram.

METODE EKSPERIMEN

  1. Praktikan menyalakan komputer dan membuka aplikasi CX Programmer
  2. Praktikan menyalin diagram tangga yang ditampilkan
  3. Praktikan mengintegerasikan CX Programmer dan CX Designer
  4. Laporkan hasil ke asisten

DATA HASIL PRAKTIKUM

Gambar 1 Ladder Diagram

Gambar 2 Interface HMI

 

PEMBAHASAN

Pada praktikum  kali ini terdapat sebuah fungsi yang diintepretasikan dalam Ladder diagram di CX-Programmer. Beberapa input telah disusun satu sama lain untuk menghasilkan sebuah output yang sedemikian rupa. Dalam praktikum kali ini digunakan tipe I/O yang sedikit berbeda dari praktikum sebelumnya. Jika biasanya tipe area Input/Output itu merupakan Common I/O Area, maka terdapat area baru yaitu work area yang berguna sebagai bit kerja.

Selanjutnya ialah menghubungkan CX-Programmer ke  CX-Designer. Setelah dipastikan terhubung maka CX-Designer dapat digunakan sebagai interface output dari apa yang ada pada Ladder diagram CX-Programmer. Jika ingin menghubungkan ke PLC, cukup memilih tab “connect to PLC”, tetapi jika tidak maka cukup hubungkan CX-Designer dengan CX-Programmer saja.

KESIMPULAN

Aplikasi CX-Designer dan CX-Programmer ini dapat diintegrasikan untuk menampilkan interface dari PLC. Pada CX-Programmer kita dapat membuat ladder diagram dan menkonfigurasi alamat setiap input outputnya. CX-Designer merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat interface yang akan mengendalikan setiap input dan menampilkan output pada ladder diagram. Hal ini sebenarnya masih dapat dilanjutkan, yaitu dengan mengintegrasikannya dengan PLC, namun pada praktikum kali ini terdapat hambatan berupa komunikasi serial yang error.

DAFTAR PUSTAKA

IEBHE (3 Oktober 2009). Apa itu PLC dan Apa Fungsinya. Dikutip 1 September 2019 dari ndoware :https://ndoware.com/apa-itu-plc.html
Wicaksono, Handy (2009). Programmable Logic Control Teori, Pemrograman, dan Aplikasinya dalam sistem otomasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
http://www.mouser.com/ds/2/307/-532345.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published.